Syutrav.com
Berenang bersama Hiu Paus di Kwatisore, Papua,Indonesia

Tempat wisata di Papua – Salah satu alasan mengapa sampai saat ini banyak banget turis yang berkunjung ke Indonesia adalah karena Indonesia memiliki banyak tempat yang unik. Banyak tempat yang gak bisa dilewatkan begitu saja. Buat kamu yang doyan travelling mengelilingi Indonesia, salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Desa Kwatisore.

Pernah nggak sih kamu mendengarkan nama Desa Kwatisore sebelumnya? Nah untuk kamu yang sudah penasaran banget berkunjung di desa yang satu ini. Kamu bisa langsung menyimak informasi berikut tentang destinasi wisata yang ditawarkan oleh Desa Kwatisore.

Desa Wisata di Papua – Kwatisore, Yang Selalu Hujan di Sore Hari

Pertama, mungkin kamu bakalan dibuat heran karena setiap berkunjung ke desa yang satu ini terutama saat sore hari maka hujan akan langsung mengguyur. Bahkan di saat musim kemarau pun hujan juga terus menyapa para pengunjung dan juga seluruh masyarakat yang ada di Desa Kwatisore ini.

Dengan fenomena hujan setiap sore hari di musim apapun di desa kuat di sore maka diberi nama Desa Kwatisore yang merupakan arti dari kata khawatir sore. Ya penduduk setempat selalu khawatir apabila menjelang sore hari karena hujan selalu turun.

Daya Tarik Kwatisore, Tempat Wisata di Papua Yang Hits

Untuk berkunjung ke Desa Kwatisore, maka kamu harus menuju ke wilayah Taman Nasional Teluk Cendrawasih Nabire Papua. Alasan lainnya mengapa banyak orang yang berkunjung ke desa yang satu ini adalah karena memang jalanannya yang masih sangat bersih. Alasannya karena memang nggak ada kendaraan bermotor yang kamu temukan di desa yang satu ini jadi udaranya masih sangat bersih dan terasa begitu asri karena masih bebas polusi loh.

  Paket Wisata Papua Puncak Jayawijaya, Sewa Agen 130 Juta!

Nggak cuman itu, kamu juga bakalan dibuat terpesona ketika sedang menyusuri desa yang satu ini. Gimana nggak, pemandangan rumah berjajar rapi begitu memanjakan mata ditambah dengan pepohonan yang masih sangat rindang dan hijau dengan warga-warganya yang begitu ramah menyapa para pengunjung. Belum lagi kamu juga bisa kok melihat anak-anak atau orang dewasa sedang bermain dengan riang atau juga berinteraksi dengan tetangga. Duh, suasana pedesaan banget deh pokoknya!

Apa lagi sih keunikan yang bisa kamu temukan di kampung yang satu ini jadi nggak cuman turun hujan saat sore hari. Bahkan, anak-anak di kampung ini suka bermain dengan hiu paus mereka tinggal di sebuah desa yang bernama kwatisore yang juga menjadi rumah bagi para hiu paus. Bahkan, ada banyak hingga ratusan ikan hiu paus yang berada di desa ini.

Ketika kamu lagi naik perahu, kamu juga bisa lho melihat hiu paus yang sangat banyak dan tampak muncul begitu tiba-tiba. Tapi, ini adalah pemandangan yang biasa. Jadi, nggak perlu takut deh. Makanya, banyak orang yang menyebut ikan hiu paus ini sebagai ikan hantu karena memang sukanya muncul di samping perahu dan tampak menggesek-gesekkan badan.

  Pulau Nusi, Wisata Papua Buat Ngilangin Stress dan Snorkeling

Yang bikin suasana berlibur di desa yang satu ini terasa menarik itu adalah karena kamu bisa melihat di mana anak-anak kecil berenang dan juga bermain bersama hiu paus mereka memeluk dan juga tampak senang bermain dengan binatang yang satu ini dan bahkan nggak jarang menjadi tontonan yang cukup seru bagi para pengunjung.

Syutrav.com
Ikan Hiu paus mendekati Bagan Nelayan untuk meminta makan.
Tempat Wisata di Papua bareng Hiu Paus
Menyelam bersama Hiu Paus di Kwatisore

Cara Berkunjung ke Desa Kwatisore

Buat kamu yang pengen menikmati serunya nih berkunjung di Desa Kwatisore, kamu bisa melakukan perjalanan dimulai dari Jakarta kemudian menuju ke kota Nabire. Sampai di Nabire, gunakan speed boat dengan perjalanan yang harus ditempuh sekitar 1 jam perjalanan. Nah, kamu juga bisa kok menginap di penginapan atau Resort yang sudah tersedia untuk beristirahat.

Tempat Wisata di Papua, Aktivitas Di Kwatisore

Sedangkan untuk para pengunjung, ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan loh selain melihat anak-anak bermain atau melihat bagaimana kehidupan sehari-hari masyarakat yang tinggal di desa yang satu ini loh. Misalnya, kamu bisa nyelam dan langsung berinteraksi dengan hiu paus dari dekat. Binatang yang satu ini suka sekali berenang di lautan yang bebas. Mereka juga bersahabat dengan manusia jadi ikan-ikan ini jangan sampai kamu lewatkan.

  Gua Binsari, Gua Nenek, Tempat Wisata Papua Yang Terkenal Bikin Ngeri

Satu hal yang patut diacungi jempol di kehidupan yang ada di desa ini adalah masyarakatnya. Masyarakat Kwatisore menganggap bahwa ikan hiu paus adalah bagian dari adat. Sehingga, enggak boleh dimakan dan juga dibunuh. Itulah kenapa jumlah ikan hiu paus di desa yang satu ini benar-benar bisa dijaga loh. Bahkan, ada juga komunitas pecinta lingkungan atau pecinta satwa. Mereka juga mengajak warga yang ada di desa ini untuk terus melestarikan alam.

Diambil dari data Nabire menyebutkan bahwa paus bukanlah ikan yang paling besar di laut. Tetapi yang paling besar adalah hiu paus. Karena, hiu paus bisa tumbuh sampai 20 meter dengan bobot sekitar 20 ton. Walaupun ukurannya sangat besar hiu ini nggak berbahaya untuk manusia dan sangat jinak.

Kamu sudah menikmati gimana pemandangan yang ada di Nabire dengan udaranya yang segar dan cuacanya yang sangat menyenangkan. Selanjutnya, kamu juga bisa melihat aktivitas para penduduk yang ada di desa ini. Seperti misalnya bertani dan juga berdagang. Tempat wisata di Papua, terutama di Nabire Desa Kwatisore ini benar-benar bikin liburan jadi terasa fresh lho.

– jalan Trikora wosi Rendani, PO Box 220, Manokwari 98312, West Papua.
– Tel      : 62-986-212212
– Fax     : 62-986-212437
– Email : btnc[at]Manokwari.wasantara.net.id

By; Zee