Solusi Hemat Healing Konsep Ramah Lingkungan di Lembah Tangga 101

17

Awal tahun 2022 Pemerintah Kota Bandung meresmikan kawasan wisata DNA olahraga ‘Lembah Tangga 101’. Ruang terbuka hijau ini selain sebagai tempat wisat juga berfungsi sebagai area serapan air untuk meminimalisir banjir yang sering terjadi.

Lembah Tangga 101 memiliki jalur anak tangga pada bagian atas bukit yang sangat pas untuk tempat healing sambil melihat Kota Bandung dari ketinggian. Apa saja yang ada di Lembah Tangga tersebut? Yuk, intip aktifitas seru yang bisa kamu lakukan.

Ruang Terbuka Hijau Dengan Luas Sekitar Satu Hektar

Kelurahan Cisurupan, Cibiru merupakan lokasi dari tempat wisata Lembah Tangga 101. Daerah yang awalnya hanya berfungsi sebagai daerah resapan, kini sudah tertata rapi sedemikian rupa menjadi tempat wisata kekinian. Disini, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan untuk mengisi akhir pekan serta berolahraga.

Lembah Tangga 101

Sumber Gambar: Pikiran Rakyat

Lahan yang menjadi tempat penanaman lebih dari seribu pohon ini memiliki arena bersepeda yang cocok bagi kamu penikmat olahraga di ruang terbuka. Jalur yang naik turun juga menjadi tantangan tersendiri. Pastinya, kalori juga akan banyak terbakar setelah kamu selesai bersepeda.

  Air Terjun Tersembunyi, Curug Cipuringis Pangandaran

Olahraga lain yang bisa kamu lakukan di Lembah Tangga 101 tentu saja adalah berjalan naik turun ratusan anak tangga. Sembari kamu berjalan, tidak ada salahnya mengambil selfie dan mengunggahnya ke cerita sosial mediamu. Tangga yang sudah bercat warna warni bisa jadi background menarik.

Kemudian, di Lembah Tangga ini, terdapat dua alun-alun yang bisa kamu singgahi di tengah aktifitas olahragamu. Ruang terbuka ini lengkap dengan dekorasi yang estetis. Tinggal pilih saja tempat untuk bersantai dan menghirup udara segar. Ada yang berupa tenda kayu lengkap dengan kursi dan mejanya, ada juga ruang terbuka dengan puluhan payung warna-warni yang tergantung di atasnya.

Lembah Tangga 101 Bandung

Sumber Gambar: Pro Media Teknologi

Berada Di Dekat Area Olahraga Lainnya

Tempat yang mengusung visi Pemkot Bandung untuk menghadirkan ruang publik bagi masyarakat ini, lokasinya sangat strategis dan berdekatan dengan tempat wisata dan olahraga lainnya. Tempat wisata dan olahraga lainnya di sekitar Lembah Tangga Bandung lainnya adalah Wetland Park, Lapangan Trail dan KanHay Bike Park.

  Pantai Batu Hiu, Pantai di Pangandaran Yang Mirip Tanah Lot!

Lahan Perbukitan Lembah Tangga 101 Multifungsi

Penataan kembali area serapan air kota Bandung semakin memaksimalkan lahan perbukitan yang telah menjadi wisata ruang hijau. Pemkot Bandung selain telah menanam berbagai jenis pohon yang mampu menyerap banyak air, kini juga telah menanam berbagai jenis pohon buah. Hal ini sepertinya akan semakin menarik minat banyak wisatawan.

Di Lembah Tangga 101, jenis pohon buah yang bisa kamu lihat antara lain pohon lengkeng, mangga, nangka dan sebagainya. Alasan lain Pemkot menanam pohon buah-buahan adalah agar warga sekitar bisa ikut merawat, jadi hasil dari pohon buah tersebut bisa dinikmati bersama. Kamu pun bisa juga menikmati buah-buahan di sana, tentu saja apabila pohonnya sedang berbuah, ya.

  Tempat Wisata di Bogor yang Terkenal dan Populer yang Harus Dikunjungi

Lembah Tangga 101 Cibiru

Sumber Gambar: Sakti Media News

Tiket Masuk Lembah Tangga 101

Walaupun memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti area istirahat berupa kursi kayu di sejumlah titik dan juga toilet lembah tangga ini merupakan salah satu tempat wisata yang tidak memungut biaya.

Jadi, tunggu apa lagi? Lembah Tangga 101 adalah tempat yang cocok untuk kamu kunjungi akhir pekan ini. Kamu bisa berolahraga, bersantai dan menikmati pemandangan hijaunya pepohonan. Yang tak kalah penting lagi yaitu mengunjungi tempat ini tidak memerlukan biaya. Sangat ramah di kantong, bukan?

Artikulli paraprakCidurian Waterfront Bandung, Wisata Baru untuk Jogging Pagi  
Artikulli tjetërWisata Hutan Desa Je’netallasa, Gowa dan Harga Tiket Masuk