Tips Menginap di Hotel Selama Pandemi

Menginap di hotel menjadi salah satu solusi terakhir ketika kamu harus bepergian di tengah pandemi. Situasi yang belum menentu, ditambah tuntutan pekerjaan dan keperluan membuat kamu mungkin harus meninggalkan rumah.

Nah, agar stamina dan imun tubuh tetap terjaga, hotel menjadi salah satu pilihan beristirahat sebelum menuju ke destinasi wisata saat pandemi. Untuk kamu yang masih kuatir bagaimana cara agar tetap aman saat menginap di hotel, ikuti panduan lengkap berikut.

1. Cek Protokol Hotel

Ketika kamu ingin booking hotel, maka hal pertama yang harus kamu pastikan adalah apakah hotel tersebut telah melakukan protokol kesehatan sesuai standar.

Menurut Hermawan Saputra selaku pakar Epidemiolog dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), ia menyarankan bahwa wisatawan harus cari informasi lebih lanjut tentang hotel terlebih dahulu.

Beberapa hotel bahkan sudah memiliki sertifikasi kebersihan serta kesehatan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sebagai tamu, kamu juga harus memastikan apakah penerapan protokol kesehatan benar-benar berjalan atau tidak.

Pastikan bahwa pihak hotel telah memberlakukan pembersihan berkala untuk seluruh barang demi keamanan dan kenyamanan tamu.

Menginap di Hotel Selama Pandemi

2. Menginap Di Hotel Zona Merah

Berada di zona merah, jangan putus asa untuk mencari hotel yang tepat. Tidak masalah jika memang terpaksa harus istirahat pada hotel yang ada di zona merah.

  Cafe di Bandung Yang Recommended Buat Kuliner

Walaupun berada pada zona merah, hotel yang mampu menerapkan protokol ketat sesuai standar, maka akan meningkatkan keamanan hotel itu sendiri.

Justru menjadi masalah kalau kamu berada pada zona aman, tapi hotel tidak memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. Mereka mungkin punya potensi menerima tamu dengan gejala atau tidak bergejala pada covid-19.

3. Menginap Di Hotel Yang Luas

Saat booking hotel, kamu juga wajib memastikan bahwa hotel tersebut punya area luas. Sehingga, seluruh wisatawan bisa menerapkan physical distancing.

Pastikan juga bahwa hotel yang kamu pilih punya banyak area terbuka. Dengan cara inilah, maka suhu, sirkulasi udara, dan tingkat pencahayaan hotel benar-benar memadai.

4. Bawa Perlengkapan Memadai

Tips berikutnya ketika kamu harus menginap di hotel, disarankan agar membawa obat-obatan pribadi serta vitamin. Dengan perlengkapan memadai, kamu punya kesempatan untuk selalu menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, bawa juga masker, suplemen, dan hand sanitizer.

5. Menginap Di Hotel Harus Fit

Walaupun kamu sudah membawa suplemen, vitamin, serta obat-obatan, kamu juga harus memastikan bahwa kondisi fisik bener-bener fit.

  Naik Pesawat Saat Pandemi? Yuk, Cari Tahu Syarat Terupdate 2021 Disini!

Ketika kamu harus menginap di hotel dalam kondisi batuk, atau pilek, justru punya resiko terkena covid. Hal ini karena daya tahan tubuh sedang turun.

6. Hindari Pakai Layanan Hotel

Selama tinggal di hotel juga, ada baiknya untuk menghindari penawaran dari staf hotel. Biasanya, staf memberikan tawaran layanan untuk mengantar barang hingga ke kamar. Selama pandemi, hal ini harus kamu hindari. Cara ini penting supaya dapat mengurangi kontak.

7. Jangan Ambil Makanan Sendiri

Ada banyak hotel yang memberikan sistem buffet. Kendati demikian, beberapa hotel tidak memperkenankan tamu untuk ambil secara langsung. Sehingga, staf hotel tetap mengambilkan makanan tersebut untuk para tamu.

Biasanya, staf hotel akan memberikan piring untuk tamu. Serta memberlakukan physical distancing. Jadi, sangat penting memastikan agar staf hotel juga menyimpan peralatan makan pada wadah tertutup. Sehingga, publik tidak dapat mengaksesnya begitu saja.

Kalau kamu merasa kurang nyaman dengan hal tersebut, kamu bisa cek terlebih dahulu dengan kebijakan hotel. Pastikan apakah pihak hotel memberikan izin bagi tamu supaya pesan makanan dan diantar ke kamar. Sehingga, kamu tidak perlu menyantap hidangan dari restoran hotel.

Akan lebih baik jika layanan antar makanan ke kamar hotel benar-benar sesuai standar, yaitu terbungkus plastik. Sedangkan bagi staf yang mengantarkan harus menggunakan alat pelindung diri.

  New Normal, Begini Tips Travel Aman Bebas Covid-19

Nah, sekarang kamu sudah tahu banyak hal tentang bagaimana protokol kesehatan yang harus kamu terapkan ketika harus menginap di hotel.

Biasanya, banyak tamu yang justru suka mencicipi makanan dengan keluar di sekitar area hotel. Tidak masalah jika hal tersebut kamu lakukan, asal kamu bawa peralatan makan sendiri.

Bahkan, kamu juga wajib memperhatikan seperti apa ventilasi pada kamar hotel. Covid tidak akan menetap pada ruangan kalau memiliki ventilasi udara yang cukup baik. Sedangkan setiap kamar hotel pasti ruangan yang sudah dipakai oleh tamu sebelumnya.

Itulah mengapa, kamu harus memilih kamar dengan ventilasi baik. Pastikan untuk selalu buka jendela agar sirkulasi udara berjalan optimal.

Terakhir, jangan pernah bepergian atau bahkan menginap di hotel jika memang tidak ada keperluan. Batalkan booking hotel jika kamu memiliki suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat celcius ya! Tetap di rumah dan nikmati waktu bersama keluarga.

Itulah informasi yang dapat kamu simak tentang tips untuk menginap di hotel selama covid ini, semoga pandemi segera berakhir!

By. Zee Zahira