New Normal, Begini Tips Travel Aman Bebas Covid-19

Tips travel menjadi perbincangan hangat saat ini, apalagi saat di tengah pandemi dengan era New Normal. Covid-19 menjadi isu yang menghambat banyak hal loh. Nggak hanya industri kuliner atau pendidikan, banyak pengelola tempat wisata yang harus menerapkan kebijakan ketat.

Nah, mungkin kamu ada corporate event, atau lainnya yang mengharuskan kamu ke tempat wisata tertentu. Jika itu terjadi, ada beberapa tips aman agar kamu juga bisa bebas covid-19.

Tips Sebelum Berangkat Travel

Supaya kamu bisa menjaga diri, ada beberapa hal yang wajib kamu tanyakan ke diri sendiri, seperti:

  • Apakah destinasi wisata tersebut masuk zona merah? Kalau misalnya tempat wisata tersebut berada pada area zona merah, hati-hati. Soalnya, semakin tinggi kasus penyebaran Covid-19 di tempat tersebut, semakin tinggi pula potensi tertular.
  • Apakah kamu beresiko terkena covid-19? Siapapun bisa terkena covid-19. Tapi, orang tua dan pengunjung dengan riwayat kesehatan tertentu bisa lebih mudah terkena virus ini.
  • Apakah kamu tinggal dengan seseorang yang punya peluang kena covid-19? Ketika kamu positif terinfeksi covid ketika sedang traveling, kamu bisa menularkan virus tersebut ke orang-orang yang tinggal bersamamu setelah pulang nanti. Walaupun, kamu nggak punya gejala apapun.

Test Sebelum dan Sesudah Traveling

Banyak yang mengeluh kalau biaya tes covid-19 itu mahal banget. Tapi, kalau untuk urusan kesehatan, dan karena lagi di luar, demi keluarga tercinta, ini bukan apa-apa. Jadi, salah satu tips travel di tengah New Normal adalah dengan tes untuk mengurangi resiko penyebaran virus.

  Pengen Liburan? Tempat Wisata New Normal Ini Udah Buka Loh!

Lakukan tes sebelum berangkat, minimal satu atau dua hari sebelum berangkat. Tunda travel terlebih dahulu jika hasil tes belum keluar. Simpan juga salinan hasil tes tersebut ketika kamu sedang jalan-jalan. Setelah pulang, kamu sebaiknya melakukan tes lagi.

Kalau  hasil tes menunjukkan positif, mending di rumah aja. Lakukan isolasi mandiri dan ikuti rekomendasi kesehatan secara umum.

Tips Travel New Normal

Tips Tetap Aman Ketika Travel

Menurut Centers for Disease Control and Prevention atau CDC, berikut adalah langkah-langkah penting untuk melindungi diri dan yang lain saat travel:

  • Tetap jaga jarak, 2 meter antara kamu dengan orang lain.
  • Hindari kontak apapun dengan seseorang yang sakit.
  • Batasi memegang atau menyentuh benda-benda, contohnya jangan pegang handrail, hindari tekan tombol elevator, atau lainnya. Kalaupun harus, usahakan selalu membawa hand sanitizer atau cuci tangan.
  • Pakai masker kain
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut.
  • Tutup ketika sedang batuk dan bersin.
  • Bersihkan tangan sesering mungkin. Hal ini penting ketika kamu habis menggunakan kamar mandi, cuci tangan sebelum makan, setelah batuk, bersin, atau membersihkan hidung. Cuci tangan pakai sabun selama 20 detik. Pakai hand sanitizer dengan kandungan minimal 60% alkohol. Usapkan ke tangan sampai tangan terasa kering.
  Cafe di Bandung Yang Recommended Buat Kuliner

Perhatikan Aturan dan Larangan Tempat Wisata

Masing-masing wilayah, termasuk tempat wisata pasti punya aturan masing-masing. Misalnya, beberapa tempat wisata mengharuskan pengunjung menggunakan masker. Nah, supaya kamu juga nggak ada kendala ketika berkunjung, pastikan untuk memperhatikan apa saja larangan dan peraturan yang berlaku.

Untuk mencari informasi dan tips travel tersebut, kamu bisa menggunakan website destinasi wisata. Pastikan juga untuk menyadari bahwa larangan dan peraturan bisa berubah sewaktu-waktu, sesuai kondisi lokal. Jadi, jangan bosan untuk cek update informasi ketika jadwal travel ke tempat tersebut semakin dekat.

Tips Perjalanan Travel Dengan Transportasi Udara

Karena sistem sirkulasi udara pada maskapai penerbangan, banyak virus yang nggak mudah menyebar saat dalam penerbangan. Tapi, arus penerbangan yang sangat padat, justru membuat proses social distancing jadi lebih sulit.

Apalagi, dibutuhkan waktu lebih pada bagian antrian security lines serta terminal airport. Nah, inilah resiko penyebaran virus covid-19 jadi meningkat kalau sampai ada kontak.

  Menginap di Hotel Selama Pandemi, Ini Dia Protokol Kesehatannya

Bahkan menurut laporan Federal Aviation Administration (FAA), Amerika menyebutkan adanya masalah untuk membantu supaya penyebaran virus di bandara berkurang. Salah satu upaya pencegahan adalah dengan meminta seluruh kru dan penumpang pesawat menggunakan masker, meningkatkan kegiatan pembersihan dan penyemprotan disinfektan pada screening checkpoint.

Beberapa perubahan karena regulasi adalah berikut:

  • Penggunaan masker, sarung tangan, dan social distancing
  • Penggunaan face shield pada bagian document checking, lokasi bag search dan drop-off locations.

Kamu juga harus terbiasa dengan perubahan proses screening yaitu:

  • Penumpang harus menggunakan masker selama screening. Ada kalanya kamu harus menyesuaikan penggunaan masker untuk kepentingan identifikasi.
  • Sebaiknya, penumpang harus meletakkan tiket penerbangan (kertas atau elektronik) ke scannernya langsung dan dipegang sendiri untuk inspeksi.
  • Pengunjung sebaiknya membawa satu buah hand sanitizer di tas jinjing, dan harus dikeluarkan selama proses screening.
  • Barang pribadi seperti kunci, dompet, dan hp juga harus diletakkan di tas jinjing, supaya mengurangi sentuhan selama proses screening.

Jangan lupa untuk cuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik, sebelum dan sesudah proses screening ya!

Semoga tips travel di atas bisa membantu supaya kamu bisa traveling kemanapun dan bebas tertular.

By. Zee.