Breaking News
Home / Jawa / 10 Wisata Alam Bandung dengan Lanskap yang Bakal Bikin Kamu Membisu. Sayang Banget Kalo Nggak Ditaklukkan

10 Wisata Alam Bandung dengan Lanskap yang Bakal Bikin Kamu Membisu. Sayang Banget Kalo Nggak Ditaklukkan

Wisata Alam Bandung – Kata siapa Kota Kembang cuma punya mall-mall, apartemen mewah dan hotel-hotel di bandung? Kamu salah besar. Di sana justru banyak tempat hiburan yang menyenangkan, mulai dari area khusus orang dewasa hingga anak-anak. Kota tersebut juga jadi surganya destinasi wisata bernuansa alam. Makanya, nggak sedikit warga Jakarta yang beli villa di Paris van Java yang lokasinya ada di pinggiran kota biar kalo pengen ngungsi di akhir pekan, ada tempat yang bisa dituju. Pasti ada, kan, saat di mana kamu udah ‘gerah’ sama Ibukota.

Emang nggak bisa dibandingin sama Bali atau Lombok, sih. Tapi, wisata alam Bandung, tuh, khas banget. Atmosfirnya lain. Kayak destinasi-destinasi berikut ini!

Wisata Alam Bandung

Kampung Cai Ranca Upas, Kawasan Bumi Perkemahan dengan Alam Memukau yang Sering Dijadiin Spot Buat Foto Pre-Wedding

Camping ground seluas 251 hektar ini ada di kawasan hutan lindung yang jadi pusat konservasi beragam flora dan fauna langka. Karena terletak di ketinggian 1.700 mdpl, suhu udara di sana termasuk agak adem.  Sebagai areal perkemahan, fasilitas di Kampung Cai Ranca Upas tergolong lengkap, mulai dari kolam renang, penginapan, outbound hingga aneka fun games yang bikin liburan kamu jadi tambah seru. Di tempat tersebut juga ada penangkaran rusa, lho. Kamu bisa berinteraksi dan berfoto dengan mereka.

Wisata Alam Bandung

Curug Cimahi, Air Terjun yang Memancarkan Kilauan Warna-warna Cerah Bak Keluwung di Angkasa

Penderasan setinggi 87 meter ini emang belum banyak diketahui karena jarang dieksplor. Padahal, letaknya di pinggir jalan raya, lho, nyempil di balik tebing dan pepohonan. Walaupun buat mencapainya kamu mesti nyusurin 587 anak tangga dulu. Capek, sih, pasti. Cuman, saat trekking, kamu bakal dibuai sama keeksotisan panorama sekitar. Oh, iya, tempat ini, tuh, juga dikenal dengan Curug Pelangi, soalnya pihak pengelola masang lampu warna-warni di ujung curug. Indah banget, deh, kalo diliat di malam hari. Baca Juga : 10 Wisata Alam Jogja yang Selain Keindahan Pemandangannya Kebangetan Juga Nawarin Berbagai Kegiatan Seru

Wisata Alam Bandung

Kawah Putih Ciwidey, Wisata Alam Bandung yang Pesonanya Nggak Perlu Diragukan, Bikin Pengen Ngarahin Kamera ke Segala Arah

Warga Bandung, tapi nggak tahu Kawah Putih Ciwidey? Kebangetan! Kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha ini, tuh, populer banget, kerap jadi lokasi syuting film. Kawasannya sendiri berupa danau dengan air kehijauan nan dikelilingi oleh tanah yang warnanya putih akibat kecampur sama belerang. Karena letaknya di ketinggian 2.400 mdpl, suhu di sekitar lokasi bisa dibilang sangat dingin. Jadi, pastiin buat pake pakaian tebal biar kegiatan foto-foto, berkuda atau hiking yang kamu lakuin nggak keganggu.

Wisata Alam Bandung

Sungai Cikahuripan, Sepotong Firdaus dengan Segala Keelokannya yang Ngumpet di Kawasan Bandung Barat

Dinamai begitu karena dulu warga setempat yakin bahwa airnya punya banyak manfaat, terutama buat nyembuhin sakit. Cikahuripan sendiri emang diartikan sebagai air nan membawa kehidupan dalam Basa Sunda. Daya pikat objek wisata ini selain airnya yang jernih dan bersih adalah adanya bebatuan serta tebing-tebing tinggi yang ngapit aliran sungai. Familiar sama pemandangannya? Green Canyon banget, kan? Kamu bisa nikmatin keindahannya dengan nyusurin sungai pake pelampung yang disewain warga. Baca Juga : Menikmati Kesejukan Objek Wisata Pagaralam Yang Terbaru

Wisata Alam Bandung

Curug Layung, Gerojokan Perawan yang Kecipak-kecipuknya Membawa Kesegaran Bagi Jiwa-jiwa yang Haus Akan Liburan

Satu lagi, nih, wisata alam Bandung bernuansa air yang patut ‘dijajah’, yaitu Curug Layung. Meski sempat ditutup karena areanya termasuk ke dalam markas latihan Kopassus di kaki Gunung Burangrang, tempat pelesir ini dibuka kembali pada 2012 silam. Alirannya emang nggak deras dan tinggi-tinggi amat, cuma 4 meter. Namun, kolam alami di bawahnya cukup luas dan airnya jernih. Karena lokasinya ada di tengah hutan pinus nan rindang, kamu bisa sekalian mampir buat nyari udara sejuk sehabis main cebar-cebur.

Sanghyang Heuleut, Tempat Mandinya Para Bidadari yang Keindahan dan Segala Macam Mitosnya Selalu Asyik Buat Diobrolin

Kalo diartiin, “Sanghyang”, tuh, “sesuatu yang dianggap kudus”, sedangkan “Heuleut”, yaitu “jeda antara dua waktu”. Singkatnya, Sanghyang Heuleut ialah tempat suci yang didatengin bidadari pada waktu yang berbeda dengan waktu manusia. Terlepas dari mitosnya, Sanghyang Heuleut merupakan danau purba yang terbentuk dari letusan Gunung Sunda. Danau tersebut dikitari oleh bebatuan dan punya curug mini yang alirannya berasal dari Sungai Citarum Purba. Airnya seger banget, ngundang orang buat nyebur.

Perkebunan Teh Rancabali, Wisata Alam Bandung Buat Mendinginkan Pikiran dan Menambah Pengetahuan Seputar Teh

Destinasi liburan yang dikelola PT Perkebunan Nusantara VIII ini ada di ketinggian 1.650 mdpl. Kebayang, kan, hawanya sedingin apa? Tapi, tempat ini, tuh, nawarin lansekap khas daerah pegunungan banget. Kalo pagi, kebun teh yang luas itu diselimutin kabut putih, ngebuatnya tampak eksotis. Buat ngebuktiin, kamu bisa ngelakuin tea walk alias nyusurin hamparan kebun teh dengan panjang trek nan beragam, dari 2-4 km. Kamu pun bisa ngunjungin pabriknya, ngeliat proses penanaman sampe pengolahan teh.

  Candi Prambanan, Candi Hindu Termegah

Sendang Geulis Kahuripan, Kolam Alami yang Letaknya Terpencil, Tapi Worth it Buat Dikunjungi Karena Selain Cantik, Airnya Berkhasiat

Dalam Bahasa Indonesia, Sendang Geulis Kahuripan bermakna, “kolam cantik yang memberi kehidupan”. Kolam ini emang jadi sumber air utama bagi warga sekitar. Dan benar, tempatnya indah banget, berada di tengah-tengah perbukitan serta dikelilingi beraneka tumbuhan hijau. Airnya sangat jernih, bahkan bisa buat foto underwater. Warga setempat juga percaya kalo air di kolam tersebut berkhasiat untuk menghilangkan pegal-pegal, mempercantik dan memperhalus kulit serta membuat kulit awet muda.

Curug Tilu Leuwi Opat, Wisata Alam Bandung yang Bakal Bikin Kamu Kagum

Tempat ini ditemuin tahun 1996, tapi mulai dibuka sebagai objek wisata 10 tahun sesudahnya. Diberi nama demikian karena ia punya 3 tingkatan air terjun dan 4 sungai (leuwi). Di sana, tuh, sebetulnya ada beberapa penderasan lain, kayak Curug Aseupan, Cilaki sama Citulang. Begitu pula dengan leuwinya, yakni Leuwi Bagong, Baeud, Kacapi dan Gentong yang kedalaman airnya beda-beda. Selain renang dan foto-foto, kamu bisa berkemah serta nyobain berbagai wahana outbound yang nguji nyali banget.

Ciwangun Indah Camp, Kompleks Perkemahan Luas yang Sekaligus Jadi Pusat Kegiatan Outbound Ter-seru di Wilayah Parongpong

Kampung Cai Ranca Upas bukan satu-satunya camping ground di Bandung. Ada tempat serupa yang tak kalah menarik, yaitu Ciwangun Indah Camp (CIC). BuPer seluas 22 hektar ini berada di ketinggian 1.100 mdpl. Lokasinya dekat sekali dengan Curug Tilu Leuwi Opat. Selain dibikin terpukau sama pemandangan hijau dari kebun teh dan pepohonan pinus yang tinggi menjulang, kamu juga bakal diajak ngerasain pengalaman hiking, offroad, main paintball dan nyoba beraneka wahana outbound yang menantang.

  Maron Mangrove Edupark, Hutan Bakau Paling Hits di kota semarang

Puas sama daftar yang kami berikan? List tersebut emang didominasi sama wisata air dan bumi perkemahan yang nawarin bermacam-macam kegiatan seru. Jadi, yang ditonjolkan, tuh, bukan cuma keindahan alamnya, melainkan aktifitas yang bisa bikin kamu ketagihan berlibur ke sana. Itu hanya segelintir aja, ya. Wisata alam Bandung masih banyak, kok, yang bisa kamu jelajahi.

Check Also

The Ranch Megamendung Tempat Wisata di Bogor

Tempat Wisata di Bogor yang Terkenal dan Populer yang Harus Dikunjungi

Tempat wisata di Bogor berikut sayang sekali jika sampai terlewat. Gunakan referensi ini untuk membantu Anda berlibur di Bogor dengan seru.

Destinasi Wisata Kabupaten Lahat yang Ngehits

Destinasi Wisata Kabupaten Lahat tersedia berbagai macam. Kamu bisa berkunjung bareng teman, pacar, atau keluarga selama liburan.

error: Content is protected !!