Wisata Anak di Jogja jadi pilihan yang tepat buat kamu yang sudah berkeluarga dan pengen ngajak jalan bareng anak. Jangan salah, ada banyak kok destinasi wisata yang ada di Jogja yang memang didesain khusus untuk menyenangkan hati anak. Nah, penasaran apa saja destinasi wisata tersebut? Berikut informasi yang bisa kamu simak.

Taman Pintar Jogja

Tempat Wisata Anak Di Jogja Buat Eksplor, Taman Pintar

Letak tempat wisata ini di kawasan Gondomanan. Wisata penddikan ini cocok jadi destinasi yang tepat buat bareng keluarga. Kamu bisa mengajak anak bermain bahkan sambil belajar.

Apa saja wahana yang bisa kamu nikmati bareng buah hati? Banyak dan unik loh. Anak-anak bisa mengeksplor pengetahuan dan rasa penasaran dengan mengunjungi Planetarium, dan spot lainnya yang mengkombinasikan teknologi dan ilmu pengetahuan. Suka wisata air? Kamu juga bisa kok melihat seru dan cantiknya Umbul Bening yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur.

Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka

Buku dan internet memang sih bisa jadi salah satu cara paling praktis dan modern untuk mengajarkan anak-anak tentang pengetahuan baru. Nah, tapi bukan berarti kamu nggak bisa mengajak mereka ke tempat untuk belajar baru dengan contoh yang lebih real. Misalnya, dengan berkunjung ke kebun binatang, kamu bisa langsung menunjukkan anak-anak tentang binatang-binatang yang ada dengan wujud nyata.

  11 Wisata Kuliner Jogja Kekinian yang Nggak Cuma Punya Menu Nan Unik dan Lezat, Tapi Juga Instagrammable

Di kebun binatang Gembira Loka, kamu juga mengajak si kecil menggunakan berbagai fasilitas yang lengkap dan menghibur. Anak-anak bisa melihat jerapah, kijang, gajah, dan satwa lainnya. Sedangkan untuk fasilitas adalah jungkat-jungkit, roda putar, ayunan, taman, dan lainnya.

Wisata Anak di Jogja

Museum Dirgantara, Tempat Wisata Anak di Jogja Buat Yang Pengen Jadi Pilot

Apakah buah hati punya cita-cita buat jadi pilot? Kalo iya, maka salah satu destinasi wisata anak di Jogja yang wajib kamu kunjungi adalah Museum Dirgantara. Disana, anak-anak akan belajar tentang transportasi udara dari dekat. Tak hanya itu, anak-anak juga bisa masuk ke dalam kokpit layaknya di dalam pesawat. Mereka bisa belajar banyak hal, salah satunya adalah apa itu peran TNI-AU.

Selain itu, kamu juga bisa mengajak anak-anak untuk berkeliling melihat koleksi benda yang bersejarah seperti foto, patung, diorama, pakaian dinas, dan senjata lengkap punya TNI-AU.

Wisata Anak di Jogja

Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Pasti sering lihat dong gimana serunya anak-anak kalau lagi bermain bajak laut? Apalagi kalau mainnya sambil bermain air. Nah, agar mereka merasa terhibur dan tidak penat saat liburan panjang, kamu juga bisamengajak anak untuk berkunjung ke Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark.

Waterpark ini bahkan menjadi waterpark yang paling gede di Indonesia. Bayangkan, luas area wisatanya saja mencapai 7,7 hektar. Ada banyak wahana yang bisa kamu coba disana, seperti misalnya Volcano Coaster, Memo Racer, perosotan, dan masih banyak lagi. Bahkan, ada juga spot yang mengedukasi dengan program yang diawarkan seperti mimi Bermain dengan aktivitas belajar membuat kue, mengenal tanaman yang langka dan terakhir adalah membatik.

  Spot Selfie di Tebing Breksi Yogyakarta

Wisata Anak di Jogja

Kampung Dolanan Pandes

Permainan tradisional itu selalu seru dan selalu menjadi kenangan manis ketika kamu melihat anak-anak bermain. Salah satu cara yang paling tepat untuk memperkenalkan bagaimana serunya permainan tradisional adalah dengan berkunjung ke Kampung Dolanan yang ada di Bantul. Nah, disini kamu juga bisa merasakan serunya lepas dari gadget barang sehari.

Ada banyak permainan tradisional yang bisa dimainkan seperti othok-othok, kitiran, klonthongan, dan masih banyak lagi. Bahkan, anak-anak juga akan belajar bagaimana bermain gamelan, bagaimana menari, atau lainnya.

Wisata Anak di Jogja

Galaxy Waterpark, Wisata Anak di Jogja Buat Akhir Pekan

Hampir mirip dengan Jogja Bay, Galaxy Waterpark menawarkan konsep tempat wisata waterpark yang terbilang lebih kecil dibandingkan dengan Jogja Bay. Disini, kamu bisa mengajak anak-anak bermain bersama. Selain itu terdapat empat kolam utama yang dapat digunakan yaitu kolam balita, kolam remaja, kolam arus, dan yang terakhir adalah kolam Olympic.

  9 Wisata Jogja Terbaru yang Lagi Hits dan Punya View Bagus. Bakal Bikin Para Selfie Hunter Puas Abis!

Masing-masing kolam juga dilengkapi dnegan fasilitas yang menarik seperti water slide, jembatan tali, ember tumpah, dan masih banyak lagi. untuk kamu yang butuh energi, jangan kuatir karena kamu juga bisa langsung menyantap makanan yang lezat yang ada di foodcourt area wisata tersebut.

Museum Anak Kolong Tangga

Sudah mampir ke Taman Pintar? Ada baiknya untuk mampir ke Museum Anak KolongTangga juga. Tempat wisata anak di Jogja ini memang berdekatan dengan Taman Pintar.Selama disana, kamu bisa menikmati bagaimana konsep liburan yang menarik dan mendidik.

Konsep wisata ini adalah ide Rudy Corens, seorang warga Belgia yang menggandeng Yayasan Dunia Damai. Disebut Anak Kolong Tangga karena memang lokasi tempat wisata ini tepat berada di bawah tangga sebuah concert hall yang ada di Taman Budaya Yogyakarta.

Walaupun spot wisataini terbilang kecil dan mungil, disinilah kamu bakalan menemukan 400 koleksi mainan yang sangat jadul. Jadi, begitu ke tempat wisata ini, memori kamu bakalan balik lagi ke jaman dulu.

Nah, itulah informasi yang dapat kamu simak tentang tempat wisata anak di Jogja. Mana nih yang menurut kalian wajib dikunjungi segera mungkin? Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

By; Zee