Air Terjun Tersembunyi, Curug Cipuringis Pangandaran

21

Kabupaten Pangandaran memiliki  banyak tempat wisata alam menarik yang bisa kamu kunjungi. Di Pangandaran, baru saja tersedia tempat wisata air Curug Cipuringis Putrapinggan. Buat kamu yang bukan orang Sunda, Curug berarti Air Terjun, dengan kata lain, tempat ini populer dengan sebutan Air Terjun Cipuringis. Wisata ini bisa menjadi alternatif untuk kamu yang ingin berwisata air namun ingin mencari suasana alam selain pantai.

Curug Cipuringis Pangandaran

Sumber Gambar: Harapan Rakyat

Baru saja dibuka akhir tahun 2021, Curug Cipuringis Pangandaran belum banyak diketahui wisatawan. Kebanyakan pengunjung wisata ini masih merupakan warga lokal. Kondisi ini sangat cocok untuk kamu yang mencari lokasi wisata asri dan sejuk yang masih alami.

Pemandangan Air Terjun Dan Alam Hijau

Kesejukan dari Curug Cipuringis memang masih alami. Disana kamu bisa menikmati kesegaran air terjun. Tidak hanya di musim penghujan, kamu juga bisa berkunjung di musim kemarau. Air Curug Cipuringis Pangandaran tetap mengalir di segala musim karena tidak pernah kering. Mata air alami menjadi sumber aliran curug. Hal ini merupakan salah satu kelebihan Curug Cipuringis.

  Gunung Semeru, Legenda Puncak MAHAMERU

Seperti yang telah kamu tahu sebelumnya bahwa masih sedikit orang yang tahu akan lokasi ini. Curug Cipuringis Pangandaran cocok untuk kamu membuat konten untuk kamu upload di sosial media, tentunya dengan background air terjun yang masih asri. Belum banyak yang mengunggah lokasi ini di sosial media, kamu bisa membuat para pengikutmu lebih penasaran akan tempat wisata ini. Jika kamu ingin mengambil gambar, pastikan kamu datang lebih awal agar kamu bisa santai dan leluasa. 

Para warga sekitar memanfaatkan tersedianya lokasi wisata dengan menjual hasil kerajinan dan hasil produksi UMKM. Dampak positif ini membantu warga untuk bisa menjual dagangannya. Dukungan kamu dalam membeli hasil UMKM dan kerajinan akan membantu perputaran ekonomi agar berjalan lebih baik.

  Keindahan Candi Borobudur Sejarah Lintas Waktu

Lokasi Curug Cipuringis Pangandaran

Apabila kamu tertarik untuk mengunjungi wisata air terjun Curug Cipuringis, lokasinya berada di Dusun Ciawitali, Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Air terjun tersembunyi ini bisa kamu capai sekitar 30 menit dari jalan utama Pangandaran-Kalipucang atau jalan yang terkenal sebagai pangkalan ojek Aseman.

Kamu perlu memastikan bahwa kendaraan kamu dalam kondisi prima sebelum berangkat, pasalnya akses jalan menuju curug sedikit sulit, terdapat tanjakan dan turunan serta rute yang berkelok-kelok. Jalan setapak serta jalur yang melewati perkebunan membuat hanya kendaraan roda dua yang bisa masuk ke lokasi. Jika kamu mengendarai mobil, maka kamu perlu berjalan kaki sejauh kurang lebih 50 meter. Namun, kelelahanmu akan terbayarkan ketika kamu sampai di lokasi curug berkat suasana sejuk dan asri dari kawasan ini.

Air terjun setinggi 35 meter dan kolam bagian bawahnya dengan kedalaman sekitar 3 meter ini bisa kamu jadikan tempat berenang. Kabar baiknya, kamu tidak akan mengeluarkan biaya alias gratis. Untuk sementara karena lokasi masih baru, pengelola tidak menarik retribusi.

  Tempat Wisata di Subang, Dari Gunung Hingga Pemandian Air Panas

Curug Cipuringis Pangandaran View

Sumber Gambar: Radar Tasik

Pengelola hanya akan menarik sewa apabila kamu berenang dan menyewa ban yang tersedia. Kamu tidak perlu khawatir, walaupun gratis, pengelola telah menyiapkan

perlengkapan keselamatan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak perlu terjadi. Tentu saja kamu perlu mentaati aturan keselamatan demi keamanan dan keselamatanmu serta pengunjung lainnya di Curug Cipuringis Pangandaran. Bagi kamu yang tidak bisa berenang, kamu perlu menyewa alat keselamatan seperti ban atau pelampung, mengingat kolam di bawah air terjun memiliki kedalaman sekitar 3 meter.

Jadi, itulah suasana dan juga informasi tentang tempat wisata Curug Cipuringis Pangandaran. Cocok kan untuk dijadikan tempat iknik murah meriah selanjutnya? Segera jadwalkan pada kalendermu kapan kamu akan liburan self-healing disana.

Artikulli paraprakPesona Matahari Terbenam di Bukit Kayoe Putih Mojokerto
Artikulli tjetërTempat Wisata Mazoola, Goa Maharani Dan Wisata Edukasi