Salah satu tempat wisata yang terbilang ringan, tapi sangat mewah di Bandung belakangan ini adalah Stone Garden Bandung. Mungkin, popularitas destinasi wisata ini nggak jauh berbeda dengan Tebing Keraton Bandung.

Ketika menuju ke Stone Garden Bandung, perjalanan yang harus ditempuh cukup jauh, apalagi kalo sedang macet. Ada baiknya untuk berangkat saat pagi hari jika ingin menghindari macet. Selain dikenal dengan sebutan Stone Garden Bandung, tempat ini juga terkenal dengan sebutan Stone Garden Padalarang.

Kamu juga akan melewati persimpangan, melewati berbagai pabrik pasir dan jalan berbatu. Untuk parkir di tempat wisata ini terbilang luas. Sehingga, kamu nggak bakalan merasa cemas untuk memarkirkan kendaraan. Dari namanya saja adalah Stone Garden, jadi kamu bakalan melihat bagaimana batu-batu tampak begitu besar, dengan variasi susunan yang menarik di Padalarang, Bandung.

Disebutkan, destinasi wisata ini dulunya adalah Danau Purbakala, sedangkan taman batu ini adalah lembah-lembah yang dangkal di sekeliling danau. Susunan batu yang muncul begitu menarik, rapih seperti bikin kamu serasa di luar negeri atau mungkin di luar angkasa, bukan di Bandung lagi.

Bahkan, beberapa menyebut bahwa pemandangan yang ditawarkan bikin kamu keinget dengan nuansa di Christmas Island, Australia.

  Pantai Batu Hiu, Pantai di Pangandaran Yang Mirip Tanah Lot!
Stone Garden Bandung Jawa Barat

Gua Pawon

Karena berada di bukit, bisa dikatakan bahwa lokasi wisatanya ada di dataran tinggi. Sedangkan di sekitar bukit tersebut, kamu bisa menemukan gua alam yang dikenal dengan Gua Pawon. Gua Pawon juga dilengkapi dengan fosil manusia.

Untuk berkeliling di tempat wisata ini, salah satu hal yang harus kamu persiapkan dengan baik adalah kondisi fisik. Kamu harus punya mental yang kuat, dan juga fisik yang sehat. Pasalnya, kamu harus menyusuri jalanan yang panjang. Bahkan, jangan mengharap pepohonan yang rindang. Kamu harus bisa menhadapi teriknya matahari.

Fasilitas di Stone Garden Bandung, Padalarang

Walaupun begitu, pengunjung dapat menikmati fasilitas yang tersedia seperti gazebo.  Kamu bisa menggunakan fasilitas tersebut untuk istirahat dan teduh. Sayangnya, tempat ini bukan pilihan tepat buat kamu yang pengen wisata di Bandung dan mencari wisata yang jauh dari kebisingan.

Hal ini dikarenakan saat kamu memasuki wilayah wisata ini, kamu akan melewati banyak pabrik. Sehingga, kamu mungkin akan mendengar bagaimana bisingnya  pabrik atau melihat kepulan asap dari cerobong pabrik yang membuat langitnya tampak kurang segar.

Destinasi Stone Garden Bandung Padalarang

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Stone Garden Bandung

Siapa bilang kalau pergi wisata harus mengeluarkan banyak uang? Kamu juga bisa kok berkunjung di tempat wisata ini, tanpa harus mengeluarkan banyak duit. Ya, untuk tiap pengunjung, pihak pengelola mengenakan biaya sekitar Rp. 15.000. Biaya tersebut sudah termasuk harga tiket masuk utama yaitu Rp. 6.000 dan biaya parkir yang bisa mencapai Rp. 5.000.

  10 Rekomendasi Wisata Kota Bandung Paling Mantul yang Patut Kamu Sambangin Ketika Holiday Bareng Keluarga

Sedangkan di tahun 2016, pengunjung yang mengadakan foto pre-wedding di Stone Garden Padalarang ini harus membayar sekitar Rp. 300.000. Jam operasional yang diterapkan oleh pihak pengelola ini juga tidak ditentukan. Jadi, kamu bisa berkeliling sepuasnya.

Cara Menuju Ke Stone Garden Padalarang

Ada baiknya untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama bagi para pengunjung yang bukan berasal dari kota Bandung. Hal ini penting karena kamu bisa menghindari penipuan yang bisa dilakukan oleh angkutan umum dengan mematok harga yang sangat tinggi.

Untuk kendaraan roda empat, kamu harus mengambil arah ke kota Bandung. Perjalanan dimulai dari tol Purbaleunyi, setelah keluar di Tol Padalarang, kamu akan melanjutkan perjalanan menuju ke Cianjur.

Gunakan kawasan Tagog Apu sebagai patokan ketika berjalan ke luar jalan tol. Setelah itu, pantau gapura yang berada di kanan jalan, dengan tulisan yang sangat jelas yaitu Gua Pawon. Saat berbelok kanan, kendarai kendaraan dengan hati-hati karena ada tikungan dan rawan kecelakaan. Hal ini jadi catatan penting bagi pengendara sepeda motor.

  5 Tempat Bukber Di Bandung yang Unik dan Enak

Sementara itu, pengguna kendaraan roda dua sebaiknya memulai perjalanan dengan tujuan Kota Baru Parahyangan. Cara ini penting biar kamu nggak salah jalan menuju ke Cimahi. Soalnya, kamu bakalan menemukan persimpangan yang cukup banyak dan bikin sering salah jalan.

Setelah menuju ke Arah Cianjur, ambil Batu Apu. Di sebelah kanan, kamu bisa melihat gapura dengan tulisan Gua Pawon. Jika berbelok ke sebelah kanan dan masuk ke persimpangan, kamu akan dihadapkan dengan jalanan yang berbatu. Jadi, pastikan kamu mengendarai kendaraan dengan sangat hati-hati.

Lokasi Stone Garden Padalarang, Bandung

Berikut adalah alamat lengkap menuju ke wisata yang satu ini;

Jl. Cinangsi G. Masigit, Bandung, Jawa Barat (Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kec. Cipatat, dan Kab. Bandung Barat)

Nah, walaupun perjalanan bakalan terasa jauh, tapi benar-benar pengalaman liburan kamu terbayar lunas. Kamu bisa menikmati pemandangan alam bebatuan yang cantik memukau. Kamu juga bisa kok berkunjung ke destinasi pariwisata lainnya yang ada di Jawa Barat atau di Bandung seperti berikut;